RSS FEED

Migran Hingga Diabetes sembuh dengan Lintah


by Republika Newsroom


Lintah atau disebut dengan nama latin medicanalis leech termasuk hewan parasit kerap dicitrakan masyarakat sebagai hewan yang menjijikkan. Namun, dibalik itu, lintah ternyata dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit.


Coba tilik, klinik Hirudo yang beralamat di jalan Makaliwe, Grogol, Jakarta Barat. Klinik itu menawarkan pengobatan alternatif dengan menggunakan medium lintah sebagai penyembuh. Beragam penyakit berat macam migrain, diabetes dan penyakit jantung dapat disembuhkan tanpa khawatir meninggalkan efek samping.


Menurut sang pemilik, Alie mengatakan, kliniknya mencoba memberikan sebuah proses penyembuhan dengan paduan ramuan herbal & lintah guna menghilangkan penyakit secara signifikan. "Sudah banyak pasien yang datang dengan beragam penyakit dan keluhan. Hasilnya, sebagian yang semula didera rasa putus asa kemudian berangsur semangat kembali untuk menemukan kesembuhan," tutur dia saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Keistimewaan pengobatan Klinik Herudo terletak pada prinsip penyembuhan yang berasal dari dalam dan luar tubuh. Prinsip penyembuhan dari luar diemban lintah dengan cara menghisap darah pada titik-titik sumber penyakit. Karena diyakini, pada titik tersebut darah kotor yang beredar kemudian dihisap lintah. Secara otomatis, tubuh kemudian memproduksi darah baru yang tidak terkontaminasi penyakit.


Lintah yang digunakan tidaklah sembarangan, lintah haruslah steril. Lintah tersebut hanya bisa ditemukan di pedalaman hutan. Untuk mendapatkan lintah tergolong steril, Alie harus mengimpor sendiri dari Aceh. Sebanyak 10 ribu lintah digunakan Alie dalam sehari untuk mengobati penyakit-penyakit pasiennya.


Untuk sesi pengobatan menggunakan lintah membutuhkan sekitar setengah hingga satu jam. Selama proses terapi, dua lintah yang ditempatkan pada titik-titik penyakit bekerja menghisap darah-darah kotor. "Kebanyakan memang pasien awalnya takut, tapi memang wajar. Ketika sudah terbiasa maka ketakutan pasien lantas menghilang dengan sendirinya," kata dia.


Ramuan Herbal


Usai menjalani sesi menggunakan lintah, pengobatan kemudian dilanjutkan dengan prinsip penyembuhan dalam tubuh yakni dengan diberikan ramuan herbal. Ramuan ini dibuat dan diracik sendiri oleh Alie .Bahan-bahan yang digunakan tidak hanya berasal dari rempah-rempah asal Indonesia tapi juga China dan Malaysia. Setiap ramuan yang diberikan, kata dia, tergantung dari jenis penyakit yang diderita pasien.


Prinsip lain terapi yakni kesembuhan seumur hidup. Prinsip ini memungkinkan kesembuhan pasien secara total. Alie mengklaim sebagian besar penyakit yang diderita pasien tidak kambuh walau terapi telah lama ditinggalkan. "Kalau misalnya, ada pasien yang kambuh biasanya ada faktor penyebab lain yang berasal dari gaya hidup pasien sendiri. Sebabnya, saya selalu peringatkan agar pasien yang sembuh benar-benar menjaga gaya hidupnya," tuturnya.


Demi kesembuhan total, Alie mewajibkan setiap pasien untuk menjalani setiap sesi terapi yang dijadwalkan. Satu kali sesi pengobatan dilakukan 8 kali terapi. Namun, lamanya terapi tergantung dengan penyakit yang diderita pasien.


Selain itu, kata Alie, niat pasien untuk sembuh menjadi faktor penting mempercepat kesembuhan pasien."Ada pasien yang hanya dengan dua atau tiga pertemuan lantas sembuh,tapi ada juga yang bisa memerlukan 24 kali terapi guna menyembuhkan. Khusus penyakit berat memang membutuhkan proses," terangnya. Pengobatan, dengan merendah Alie menyatakan, hanya medium saja, urusan ksembuhan kembali lagi kepada khendak tuhan.


Hidup Sehat


Keistimewaan lain yang diberikan klinik Hirudo adalah jaminan tidak adanya ketergantungan pasien pada pengobatan. Disaat pengobatan lain menyisakan ketergantungan, Alie menjamin pengobatan menggunakan lintah dan herbal tidak lantas membuat pasien ketergantungan usai pengobatan dihentikan.


Tak hanya ketergantungan, terapi lintah tidak mengalangi pasien untuk pantang makanan. Asal, kuncinya, pasien harus menyadari pentingnya kesadaran diri untuk hidup sehat. "Hidup yang sehat tetap menjadi faktor utama mencegah penyakit masuk kedalam tubuh. Saat sembuh, rajin-rajinlah berolah raga kemudian diikuti makanan-makanan menyehatkan seperti sayuran dan buah-buahan," ujarnya.


Sejauh ini, beragam pasien dengan beragam penyakit telah mengikuti terapi lintah. Kebanyakan dari pasien merupakan penderita penyakit jantung yang tak kunjung sembuh usai melalui perawatan medis. Tak hanya penyakit berat saja,dikatakan Alie, ada juga pasien yang menginginkan wajahnya bersih dari jerawat.


Terkait tarif yang diberikan untuk sekali terapi tergantung dari penyakit. Pasien dengan penyakit jantung misalnya, untuk mengikuti satu sesi terapi sebanyak 8 kali dipatok biaya sebesar Rp 15 juta atau penyakit migrain, satu sesi terapi dipatok biaya terapi sebesar Rp 10 juta. Alie biasa praktek Senin hingga Sabtu Jam 9.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan alamat praktek jalan Dr. Makaliwe I No. 16 RT. 08/RW 06 Grogol.




0 komentar:

Posting Komentar

Return top