RSS FEED

Menampilkan kode HTML di Posting & File Flash

Pada saat saya menulis tutorial yang isinya kode HTML, saya sempet bingung. Karena pada saat saya menuliskan kodenya dan saya tampilkan postingannya kode tersebut tidak muncul. Nah lho kok bisa gitu??…. pikir punya pikir bener juga kenapa ga tampil. Karena kode HTML itu langsung dibaca dan dieksekusi oleh browser. Nah, untuk menampilkannya ada caranya, yaitu dengan memberinya kotak pada kode htmlnya. Kalo bahasa scriptnya namanya text area. Adapun untuk membuat kode text areanya adalah seperti contoh berikut:




rows adalah jumlah baris yang diinginkan kalo diisi 4 brarti akan memuat 4 baris dan cols adalah jumlah kolom yang kita inginkan. kalo diisi 55 brarti panjang kolomnya seperti contoh kotak diatas. silahkan dikira2 mau diisi berapa yang kita inginkan. Untuk menuliskan kodenya letakkan sebelum kode: < /textarea >
Jangan lupa, sebelum menerbitkan postingannya, lihat dulu tampilan pratinjaunya. Caranya dengan meng-klik tulisan pratinjau di pojok kanan atas. Kalo pada saat kita terbitkan entri ada pesan kesalahan (html anda tidak diterima) silahkan di ceklist aja pada tulusan “berhenti menunjukkan kesalahan judul bla bla..” dan klik lagi “terbitkan entri” contoh dari tampilannya adalah sebagai berikut:




Bertebarannya situs-situs Blog di dunia maya (baca: internet) membuat kita tidak asing lagi dengan apa yang dinamakannya Blog. Dan situs blog yang kebanyakan kita lihat hanya berupa tulisan dan gambar. Tetapi banyak juga yang menanyakan tentang apakah animasi bisa ditampilkan di blog? Sepertinya keren juga kalau di situs blog kita ada sesuatu yang bergerak sehingga tidak hanya menampilkan tulisan atau gambar yang mati. Ini tentunya membuat situs blog kita berbeda dengan situs blog lainnya.

Sebelum kita bisa menyisipkan animasi, tentunya Anda harus mempunyai sebuah situs blog. Bila Anda belum mempunyai situs blog, banyak penyedia situs blog gratis yang bisa Anda gunakan. Tetapi untuk kasus ini kita mengambil salah satu saja, yaitu http://www.blogger.com milik search engine terkenal Google.com. Silahkan Anda mendaftar di sana. Sekali lagi tidak dipungut bayaran dan cara pembuatannya pun mudah. Tetapi kita tidak akan membahasnya di sini. Penulis menganggap Anda sudah mempunyai situs blog.

Dan berikut ini adalah situs blog milik penulis yang terdaftar di http://www.blogger.com, yaitu http://ganessari.blogspot.com/. Untuk diketahui saja bahwa blogger.com hanya mengizinkan file gambar dengan format JPG,GIF, BMP atau PNG dengan maksimum ukuran file adalah 8 MB untuk di upload ke situsnya. Jadi file-file animasi seperti SWF, AVI, MOV tidak diizinkan untuk disimpan ke dalam situsnya. Oleh karena itu terpaksa kita harus mengakalinya dengan menempatkan file animasi tersebut di tempat lain.

UPLOAD ANIMASI KE YAHOO

Sayangnya Blogger.com tidak menyediakan content dengan format SWF. Padahal content SWF (flash) sangat populer dan ringan dari sisi ukuran file dibanding dengan file video seperti MOV, AVI, MPEG. Oleh karena itu, khusus untuk format SWF, kita harus meletakkannya di tempat lain. Dan kita menggunakan hosting gratisan dengan kapasitas 15 MB di http://geocities.yahoo.com, silahkan Anda bisa mendaftar sendiri. Penulis mengasumsikan Anda sudah punya hosting atau account di geocities.

1. Pergi ke alamat http://geocities.yahoo.com dan pilih tulisan Sign-in.
2. Masukkan Yahoo! ID dan Password Anda.
3. Kemudian Anda akan diajak masuk ke Geocities Control Panel seperti gambar di bawah ini. Klik Manage dan pilih Easy Upload.

Gbr. 08.jpg
Gbr. 08.jpg (49.94 KiB) Viewed 152 times

4. Kemudian pilih file “SelamatDatang.swf” yang telah Anda buat sebelumnya untuk diupload ke Yahoo dan tekan tombol Upload Files.

Gbr. 09.jpg
Gbr. 09.jpg (66.99 KiB) Viewed 154 times

5. Kini file “SelamatDatang.swf” selamat datang sudah tersimpan di Yahoo. Dan alamat URL animasinya akan menjadi

http://www.geocities.com/zeembry/SelamatDatang.swf


Kebetulan penulis sudah mendaftarkan di sana dengan user-id: zeembry. Kalau Anda mendaftar dengan user-id yang lain, misalkan tamara. Maka alamat url Anda menjadi http://www.geocities.com/tamara/SelamatDatang.swf

MENYISIPKAN ANIMASI SWF DI BLOG

Masukkan kode berikut ini di content Blog Anda.



Selamat Beranimasi Ria di Blog Anda

Artikel ini pernah tampil di CHIPS Edisi Blog, penulis Zeembry, S.Kom (Principal of Baba Studio)

0 komentar:

Posting Komentar

Return top